Keluarga Besar

Sunday, May 5, 2013

MOVE ON




Move On, kata-kata yang sederhana tetapi mengadung hikmah yang sangat luar biasa. Move on dapat berarti bergerak, berubah, berpindah,  dan beraksi. Nah, dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita banyak melakukan aktivitas tersebut: di kantor, di rumah, di sekolah, dan di tempat-tempat lainnya. 

Sebelum kita membahas bagaimana Move On lebih lanjut, kita harus tahu, bagaimana pandangan tentang Move On di kalangan pelajar. Banyak di antara kaum pelajar berpandangan, bahwa Move On adalah proses berpindah hati: dari hati yang satu menuju ke hati yang lain. Proses yang disebabkan karena sakit hati yang muncul karena diputuskan oleh sang pacar. Move On baru akan timbul ketika putus cinta. Apakah itu Move On yang benar?

Pelajar harus Move On!!! Artinya, seorang pelajar harus mengalami pergerakan, perubahan dari yang awalnya tidak tahu menjadi tahu, yang awalnya buruk menjadi baik. Inilah salah satu tujuan belajar, yaitu perubahan.

Harus ada perubahan dalam diri seorang pelajar, harus ada perbedaan antara seorang pelajar dengan orang yang bukan pelajar. Pelajar harus berpindah. Berpindah, dari kebatilan menuju kebenaran. Seorang pelajar harus mempunyai keyakinan agama yang kuat, sikap yang baik, dan akhlak  terpuji yang dapat diteladani oleh semua orang. Seorang pelajar juga harus mempunyai aksi dan pergerakan yang luar biasa. Pergerakan dan aksi seperti apa?

Pergerakan dan aksi yang berdampak positif bagi orang lain. Artinya, seorang pelajar harus peka dengan kondisi sosial yang terjadi di masyarakat, baik di dalam negera maupun di luar negera. Seorang pelajar harus mempunyai jiwa sosial yang tinggi.

Wahai, Para Pelajar, tumbuh dan bangkitkanlah semangat yang menggelora dalam diri kita untuk Move On. Kita buktikan kepada diri kita, orang tua, guru, saudara, teman, dan orang-orang di sekitar kita. Mari kita buktikan kepada mereka bahwa kita adalah pelajar yang baik.

Hai, Para Pelajar, kita juga perlu mengetahui, bahwa proses Move On  membutuhkan pengorbanan dan perjuangan yang sangat luar biasa. Banyak ujian dan cobaan yang harus kita lewati, mulai dari ujian yang kecil sampai dengan ujian yang besar. Untuk itu, seorang pelajar yang siap Move On harus benar-benar mempersiapkan diri. Jangan pernah berputus asa akan semua itu. Kita semua harus meyakini bahwa setiap masalah ada cara untuk menyelesaikannya.

Hai para pelajar, ini adalah berbagai cara yang dapat diterapkan:
1.      Yakinkan dalam hati, bahwa Tuhan selalu bersama dan melindungi kita.
2.      Hadapi setiap masalah dengan sabar, ikhlas, dan optimis.
3.      Jangan lupa untuk selalu berserah diri kepada Tuhan.
Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment